Menambah RAM pada OS Android

Share:

Topik Terkait

Advertisement

Tips Menambah RAM pada OS Android – Di Era sekarang ini banyak sekali Hp, smartphone, tablet dan berbagai macam jenis gadget bertebaran. Perlu anda ketahui sobat tips komputer dan gadget, Disamping karena faktor harga gadget yang semakin murah, serta faktor variasi sistem operasi smartphone yang bertebaran juga sudah semakin banyak jenisnya. Mulai dari android, ios, windows phone dan blackberry banyak bertebaran di masyarakat luas. Namun saat ini ada satu sistem operasi yang semakin menojol tingkat keberadaannya, bahkan saat ini sedang booming-boomingnya. Sistem operasi tersebut adalah sistem operasi Android. Saat ini smartphone berOS android banyak dijumpai disamping harga yang murah, varian type smartphone yang menggunakan OS android juga bervariasi. Sayangnya varian android yang berharga murah ini kebanyakan dibekali dengan RAM yang berukuran kecil, yaitu sekitar 256 MB hingga 512 MB, walaupun keluaran terakhir smartphone murah ini ada yang berani membekali smartphone murahnya dengan RAM sebesar 1 GB.

Baca juga : Tips Memilih RAM Yang Bagus

Menambah RAM pada OS Android

Menambah RAM pada OS Android

Efek Menambah RAM pada OS Android

Walaupun Cuma dibekali Memory RAM yang kecil, pengguna smartphone android dapat mensiasati masalah penggunaan RAM kecil tersebut. Metode yang biasanya diterapkan oleh pengguna smartphone android untuk metode menambah RAM pada os android adalah SWAP atau ZRAM. Dua langkah atau metode tersebut mampu mampu meningkatkan kinerja serta performa dari smartphone yang bersistem operasi android, dengan adanya penambahan ram melalui kedua metode ini, diharapkan tidak ada kendala seperti lack atau jeda ketika pengguna menggunakan aplikasi baik itu secara bersamaan ( multitasking ) atau membuka hanya sebuah aplikasi. Nah, efek dari menambah RAM pada OS android dengan metode tersebut berakibat pada umur dari hardware smartphone itu sendiri akan semakin singkat.

Pengertian Dari Menambah RAM pada OS Android dengan metode SWAP dan ZRAM.

Metode SWAP adalah meningkatkan kinerja dari RAM dengan memanfaatkan Sumberdaya Internal, yang dimaksud adalah SD Card. Fungsi dari SD Card sendiri sebagai virtual memory jika RAM Bawaan sudah hampir habis. Efek dari metode SWAP sendiri yaitu mengurangi umur dari SD Card itu sendiri. Mengapa demikian? Karena SD Card yang fungsi sebenarnya adalah sebagai memory beralih fungsi sebagai virtual memory, pemaksaan yang terus menerus ini yang membuat SD Card akan semakin cepat rusak.

Metode ZRAM sendiri lebih menitik beratkan pada segi keamanan. Mengapa demikian? karena ZRAM memiliki fungsi utama yaitu mengambil space atau kapasitas ruang dari Memory Internal kemudian mengkompresinya dan disimpan didalam virtual memory. Dengan menggunakan metode ini, kinerja dari smartphone android lebih lancar, dan juga tidak akan berefek pada umur dari hardware smartphone android tersebut. Tanda yang muncul dengan metode ZRAM ini adalah tidak adanya informasi data yang ditampilkan pada layar smartphone bahwasanya ada penambahan kapasitas RAM.

Semoga tips tentang Menambah RAM pada OS android diatas dapat membatu anda semua pengguna smartphone android, semoga tips diatas bisa anda implementasikan di smartphone android kesayangan anda. Namun yang perlu diingat adalah, Resiko ditanggung penumpang. jangan lupa untuk membaca dahulu Tips Memilih RAM Yang Bagus. Terima kasih.

Berita Terpopuler :

Advertisement
Menambah RAM pada OS Android | upasajha | 4.5

Berita Lainnya

Dapatkan Update Artikel Terbaru Saya Via FeedBurner Ke Email Anda!

feedburner

Kirim Komentar